Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas menggunakan model Discovery Learning dengan jumlah 30 siswa dan kelas lainnya menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji-t independen untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi uji t terhadap hipotesis pertama sebesar 0,030 dan pada hipotesis kedua sebesar 0,019. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning maupun Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar, namun masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda dalam meningkatkan pemahaman siswa. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Discovery Learning and Problem-Based Learning models on student learning outcomes. The type of research used is quantitative with a pretest-posttest control group design. The research subjects consisted of two classes, one class using the Discovery Learning model with 30 students and the other class using the Problem-Based Learning model with 30 students. The research instrument was a learning outcome test administered before and after the treatment. The data were analyzed using an independent t-test to determine the difference in learning outcomes between the two groups. The results showed that the significance of the t-test for the first hypothesis was 0.030 and for the second hypothesis was 0.019. Thus, it can be concluded that both the Discovery Learning and Problem-Based Learning models have a positive effect on learning outcomes, but each has different advantages in improving student understanding.
Copyrights © 2025