Keterampilan coding merupakan salah satu kompetensi penting di era digital yang dapat mendorong kreativitas, kemampuan berpikir logis, dan problem-solving pada siswa. Namun, di SMP Negeri 3 Cikarang Selatan, kemampuan literasi digital siswa masih rendah akibat keterbatasan akses pembelajaran, infrastruktur, serta minimnya pelatihan bagi guru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar coding kepada siswa dan meningkatkan kapasitas guru melalui pelatihan serta pendampingan. Metode pelaksanaan meliputi workshop interaktif berbasis gamifikasi menggunakan platform seperti Scratch, Code.org, dan Blockly; penyediaan perangkat dan modul pembelajaran; serta sesi motivasi untuk mengenalkan peluang di dunia digital. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, observasi, dan umpan balik dari peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dasar coding pada siswa, meningkatnya motivasi belajar teknologi, dan bertambahnya kompetensi guru dalam mengajarkan coding. Program ini diharapkan menjadi langkah awal menuju penguatan literasi digital dan keberlanjutan pembelajaran teknologi di sekolah..
Copyrights © 2024