Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 4 No. 8: Agustus 2025

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI KOTA BEKASI DALAM MEMFASILITASI BELAJAR MENDALAM MELALUI INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS HOTS

Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Khaerudin, Khaerudin (Unknown)
Uwes A Chaeruman (Unknown)
Azaliyyah Haura Hayuningtyas (Unknown)
Deswita Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar di Kota Bekasi dalam memfasilitasi belajar mendalam (deep learning) melalui pengembangan instrumen evaluasi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Latar belakang kegiatan ini dilandasi oleh masih rendahnya nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) serta terbatasnya pemahaman guru terhadap konsep belajar mendalam. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan tatap muka dan pendampingan daring selama delapan hari yang melibatkan 19 guru dari berbagai sekolah di Kecamatan Bekasi Barat. Metode pelaksanaan mencakup tujuh tahap: persiapan, asesmen, perencanaan program, formulasi rencana aksi, implementasi, evaluasi, dan terminasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan guru. Rata-rata hasil evaluasi pascapelatihan mencapai 89,41 (kategori Sangat Baik), sementara skor rata-rata penugasan pengembangan instrumen HOTS sebesar 95,40%. Evaluasi reaksi peserta menunjukkan kepuasan tinggi terhadap materi, fasilitator, dan pelaksanaan program (rata-rata 4,60 dari 5). Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis kolaboratif dan kontekstual efektif dalam meningkatkan kapasitas profesional guru serta mendorong transformasi pembelajaran di sekolah dasar. Kegiatan ini juga berkontribusi pada pencapaian pendidikan berkualitas sebagaimana tercantum dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs poin 4).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...