ProBisnis : Jurnal Manajemen
Vol. 16 No. 4 (2025): August: Management Science

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kerajinan Leha Kere Di Desa Pematang Tatal Serdang Bedagai

Pangaribuan, Anggita (Unknown)
Puddin, Khafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penurunan volume penjualan yang dialami oleh Usaha Kerajinan Leha Kere mengindikasikan adanya ketidakefektifan dalam penerapan strategi pemasaran yang dijalankan. Berdasarkan hasil pra-survei yang telah dilakukan, ditemukan bahwa usaha ini belum secara optimal mengimplementasikan seluruh komponen dalam bauran pemasaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Usaha Kerajinan Leha Kere. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai teknik pengumpulan data. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan masyarakat Desa Pematang Tatal yang belum pernah melakukan pembelian produk Kere atau tirai dari Usaha Kerajinan Leha Kere, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh dianalisis melalui teknik regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 30.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel produk, harga, dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel lokasi menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan. Secara simultan, keempat variabel dalam bauran pemasaran tersebut terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Usaha Kerajinan Leha Kere.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ProBisnis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

ProBisnis: The Management Journal was previously published in print, then in 2020 it was changed to online. This journal has ISSN: 2086-7654( Print) and ISSN: 2808-7240(Online). The scope of this journal is Economics, Management, Marketing, Strategic Management, Entrepreneurship, Leadership ...