Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 4 No. 1 (2025): Juli-Desember 2025

Pengaruh Kepercayaan, Keahlian, Daya Tarik Influencer, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Keterikatan Pelanggan: (Studi pada Pengguna Viva di Kabupaten Kudus)

Dewandari, Delvia Tri (Unknown)
Lusianti, Dina (Unknown)
Rini, Gilang Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kepercayaan, Keahlian, Daya Tarik Influencer, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Keterikatan Pelanggan (Studi pada Pengguna Viva di Kabupaten Kudus). Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Viva di Kabupaten Kudus. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden, dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas, teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan keahlian tidak berpengaruh terhadap keterikatan pelanggan. Daya tarik dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan pelanggan pada pengguna Viva. Secara simultan, kepercayaan, keahlian, daya tarik, dan penggunaan media sosial berpengaruh terhadap keterikatan pelanggan.

Copyrights © 2025