Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flipbook materi ekologi dan keanekaragaman bermuatan Socio Scientific Issues (SSI) pada pembelajaran IPA kelas VII SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibatasi sampai tahap development karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kerambitan, terhadap kelas VII-A dengan subjek 12 orang untuk uji kelompok kecil, dan 29 orang untuk uji kelompok besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar angket untuk uji validitas materi, bahasa, dan media serta lembar angket untuk uji kepraktisan oleh guru dan juga siswa. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif digunakan untuk menguji validitas dan kepraktisan media dan secara kualitatif untuk menginterpretasikan data berupa komentar dan saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) nilai KVG sebesar 1 (satu) untuk validitas materi, bahasa, dan media, sehingga dinilai sangat valid dan (b) uji kepraktisan dinilai sangat praktis karena diperoleh rerata persentase sebesar 98% dari hasil penilaian guru dan rerata persentase sebesar 93,4% dari uji kelompok kecil dan 98,4% dari uji kelompok besar. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook bermuatan Socio-Scientific Issues (SSI) yang dihasilkan pada penelitian ini dikategorikan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII SMP. Kata kunci: flipbook, socio scientific issues, model ADDIE, validitas, kepraktisan, ekologi dan keanekaragaman hayati
Copyrights © 2025