Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi dan strategi pelayanan yang diterapkan bank BPD DIY Syariah dalam meningkatkan nasabah produk tabungan haji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah produk tabungan haji bank BPD DIY Syariah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah teknik wawancara, observasi danĀ dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan bank BPD DIY Syariah pada produk tabungan haji yaitu menggunakan bauran pemasaran diantaranya promosi penjualan yaitu dengan memberikan souvenir dan membebaskan biaya administrasi kepada nasabah produk tabungan haji, selanjutnya promosi penjualan pribadi yaitu pegawai bank BPD DIY Syariah secara pribadi menawarkan produk tabungan haji kepada nasabah, selanjutnya strategi periklanan yaitu dengan menggunakan media cetak dan media elektronik, dan yang terakhir strategi publisitas yaitu bank BPD DIY Syariah mengikuti ajang pameran untuk mengenalkan produk tabungan haji. Analisis SWOT yang didapatkan yaitu kekuatan (strengths) bank BPD DIY Syariah pada produk tabungan haji yaitu dengan mengandalkan lokasi yang strategis, pelayanan yang baik dan ramah, ruangan yang nyaman, dan promosi secara door to door dan melalui sosial media. Sementara kelemahannya (Weaknesses) yaitu nama bank BPD DIY Syariah yang kurang diketahui masyarakat dibanding pesaing, Peluang (Opportunities) yang dimanfaatkan yaitu masyarakat Yogyakarta yang mayoritas beragama Islam dan juga program haji muda dengan berpromosi ke sekolah-sekolah. Sedangkan ancaman (Threats) yaitu banyaknya pesaing dan pencabutan kepercayaan dari pemerintah pusat sebagai bank penerima setoran ibadah haji.
Copyrights © 2025