Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu di alam sekitar, termasuk benda-benda, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di alam. Dalam IPA, konsep yang harus dipelajari oleh siswa sistem tata surya. Berdasarkan analisis yang dilakukan di MTS Mas'udiyah Wonomulyo, metode pembelajaran yang saat ini digunakan untuk mengajarkan materi sistem tata surya masih bersifat tradisional atau manual, yaitu menggunakan buku cetak dan papan tulis. Pendekatan ini cenderung membuat siswa menjadi pasif dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sebagai solusi inovatif, peneliti memutuskan untuk menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai alternatif alat peraga untuk membantu proses belajar mengajar materi sistem tata surya. AR memungkinkan siswa untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang terintegrasi dengan lingkungan sekitar mereka. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat berjalan dengan optimal. Objek dapat terdeteksi dengan area tracking berjarak 20 cm - 50 cm dengan intensitas cahaya diatas 0 lux.
Copyrights © 2024