Jurnal Manajemen dan Profesional
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal JPRO

PENGARUH LIVE-STREAMER CREDIBILITY PADA PENJUALAN ONLINE PRODUK FESYEN DI SHOPEE LIVE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI CONSUMER TRUST SEBAGAI PEMEDIASI

Dewantara, Rizki Yudhi (Unknown)
Kurnia , Nur Fera Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Kemajuan teknologi yang signifikan telah mendorong perubahan dalam perilaku konsumen terhadap penerimaan produk dan layanan. Salah satu inovasi yang mencolok dalam dunia e-commerce adalah praktik belanja melalui siaran langsung (live streaming). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas seorang live-streamer terhadap intensi pembelian mahasiswa terhadap produk fesyen yang dipasarkan melalui Shopee Live, serta meninjau peran consumer trust sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penjelasan (explanatory). Data diperoleh dari 145 mahasiswa strata satu Universitas Brawijaya yang memiliki pengalaman menyaksikan siaran Shopee Live. Analisis data dilakukan dengan pendekatan SEM-PLS menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0. Temuan menunjukkan bahwa: (1) kredibilitas live-streamer memiliki pengaruh positif terhadap consumer trust; (2) consumer trust berkontribusi signifikan terhadap intensi pembelian; (3) kredibilitas live-streamer juga berdampak langsung pada intensi pembelian; dan (4) consumer trust terbukti memediasi hubungan antara kredibilitas live-streamer dan intensi pembelian

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpro

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Profesional atau dikenal dengan nama JPRO, diterbitkan oleh Program Studi Manajemen-Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. JPRO terbit Dua Kali setahun yaitu Mei dan November. Ruang lingkup pembahasan adalah Manajemen dan Bisnis. Jurnal ini menerbitkan artikel asli, review, ...