QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies
Vol. 4 No. 1 (2025): QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies

INOVASI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KOGNITIF SISWA SMP NEGERI 1 BAKTIYA

Julita (Unknown)
Ali Buto, Zulfikar (Unknown)
Husaini, Husaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Baktiya, masih menghadapi kendala, seperti penggunaan metode konvensional yang kurang interaktif dan minimnya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya kompetensi kognitif peserta didik dalam memahami materi PAI. Tujuan penelitian adalah Untuk menjelaskan inovasi dan Strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa SMP Negeri 1 Baktiya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru PAI SMP Negeri 1 Baktiya tidak berinovasi dalam pembelajaran dan masih menggunakan mengajar secara konvensional tanpa menerapkan strategi yang bervariasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Inovasi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa SMP Negeri 1 Baktiya masih sangat terbatas. Guru belum menerapkan metode, media, dan strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, kolaboratif, fleksibel, dan kontekstual. Untuk meningkatkan kompetensi kognitif siswa, diperlukan upaya serius dalam meningkatkan kapasitas guru, memperbaiki sistem pembelajaran, serta mengembangkan sistem penilaian yang lebih komprehensif dan berorientasi pada kebutuhan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qanun

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies (E-ISSN 2964-4690) is a high-quality, open-access peer-reviewed international journal published two times a year (March, September) by Asian Publisher. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies focusing on historical, comparative, and legal and societal ...