Kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Baktiya, masih menghadapi kendala, seperti penggunaan metode konvensional yang kurang interaktif dan minimnya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya kompetensi kognitif peserta didik dalam memahami materi PAI. Tujuan penelitian adalah Untuk menjelaskan inovasi dan Strategi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa SMP Negeri 1 Baktiya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru PAI SMP Negeri 1 Baktiya tidak berinovasi dalam pembelajaran dan masih menggunakan mengajar secara konvensional tanpa menerapkan strategi yang bervariasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Inovasi pembelajaran guru PAI dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa SMP Negeri 1 Baktiya masih sangat terbatas. Guru belum menerapkan metode, media, dan strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, kolaboratif, fleksibel, dan kontekstual. Untuk meningkatkan kompetensi kognitif siswa, diperlukan upaya serius dalam meningkatkan kapasitas guru, memperbaiki sistem pembelajaran, serta mengembangkan sistem penilaian yang lebih komprehensif dan berorientasi pada kebutuhan siswa.
Copyrights © 2025