Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tuntutan untuk beradaptasi dan berkembang agar tidak tertinggal. Perubahan sistem pendidikan nasional yang tercermin dalam UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Inovasi pendidikan, yang meliputi ide, konsep, atau gagasan baru, menjadi kunci dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan memecahkan permasalahan yang ada. Dalam konteks ini, modernisasi menjadi pendorong perubahan cara hidup masyarakat menuju kehidupan yang lebih kompleks, serta kemajuan teknologi yang cepat, menuntut penyesuaian dalam pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap masyarakat. Pendidikan, sebagai bagian dari peradaban, harus mengikuti irama perubahan ini dan berperan dalam pembentukan peradaban manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait Modernisasi Kurikulum di MA. Misbahul Munir Sentol Daya Pragaan Sumenep - Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi kurikulum pendidikan Islam di pesantren ini dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan agama dan umum, serta memperkenalkan teknologi dalam proses belajar mengajar didalam pondok pesantren.
Copyrights © 2025