J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam di Pondok Pesantren (Studi di MA. Misbahul Munir Sentol Daya Pragaan Sumenep - Madura)

Alfi Syahrin (Unknown)
Ruslan, Ruslan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tuntutan untuk beradaptasi dan berkembang agar tidak tertinggal. Perubahan sistem pendidikan nasional yang tercermin dalam UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Inovasi pendidikan, yang meliputi ide, konsep, atau gagasan baru, menjadi kunci dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan memecahkan permasalahan yang ada. Dalam konteks ini, modernisasi menjadi pendorong perubahan cara hidup masyarakat menuju kehidupan yang lebih kompleks, serta kemajuan teknologi yang cepat, menuntut penyesuaian dalam pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap masyarakat. Pendidikan, sebagai bagian dari peradaban, harus mengikuti irama perubahan ini dan berperan dalam pembentukan peradaban manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang melibatkan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait Modernisasi Kurikulum di MA. Misbahul Munir Sentol Daya Pragaan Sumenep - Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi kurikulum pendidikan Islam di pesantren ini dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan agama dan umum, serta memperkenalkan teknologi dalam proses belajar mengajar didalam pondok pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...