Permasalahan sampah plastik di sekolah merupakan tantangan yang sering terjadi, membutuhkan solusi inovatif untuk menanamkan kebiasaan positif sejak dini. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan sampah plastik menjadi Ecobrick dalam meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. Program ini menggunakan pendekatan partisipatif melalui kegiatan langsung di kelas. Sosialisasi dilakukan di ruang kelas yang dipenuhi siswa SD berseragam putih-merah. Seorang fasilitator berdiri di antara para siswa, memberikan arahan. Para siswa tampak sangat antusias dan aktif terlibat, dengan bangga mengangkat botol plastik yang telah mereka isi dengan sampah plastik, memamerkan Ecobrick yang telah mereka buat. Ekspresi kegembiraan dan kebanggaan di wajah mereka mencerminkan pemahaman dan pengalaman baru yang menyenangkan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukasi yang melibatkan praktik langsung dan interaktif sangat efektif dalam menarik minat siswa. Partisipasi aktif mereka dalam pembuatan Ecobrick tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan sehari-hari. Dengan demikian, program ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya daur ulang sampah plastik dan peran mereka sebagai agen perubahan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan model program ini dapat direplikasi di sekolah-sekolah lain untuk menumbuhkan generasi muda yang lebih peduli terhadap isu-isu lingkungan..
Copyrights © 2025