YUME : Journal of Management
Vol 8, No 3 (2025)

Pengaruh Kualitas Aplikasi Dan Kecepatan Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Layanan Pesan Antar Makanan

Gracia, Chatrin (Unknown)
Rudy Pramono, George Geraldy, Sandra Malecahi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas aplikasi pemesanan makanan dan kecepatan layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan generasi Z di Jakarta Utara. Fokus penelitian ini pada tiga platform layanan pemesanan daring yang popular di Indonesia, yaitu GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Data diperoleh melalui jawaban kuesioner dari 202 responden yang aktif menggunakan ketiga aplikasi tersebut, yang dipilih melalui Teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas aplikasi dan kecepatan layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berdaasarkan temuan ini disarankan, agar penyedia layanan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon dan membantu pelanggan yang mengalami kendala guna mempertahankan dan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: kualitas aplikasi, kecepatan layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, generasi z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...