Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas aplikasi pemesanan makanan dan kecepatan layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan generasi Z di Jakarta Utara. Fokus penelitian ini pada tiga platform layanan pemesanan daring yang popular di Indonesia, yaitu GoFood, ShopeeFood, dan GrabFood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Data diperoleh melalui jawaban kuesioner dari 202 responden yang aktif menggunakan ketiga aplikasi tersebut, yang dipilih melalui Teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas aplikasi dan kecepatan layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berdaasarkan temuan ini disarankan, agar penyedia layanan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon dan membantu pelanggan yang mengalami kendala guna mempertahankan dan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: kualitas aplikasi, kecepatan layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, generasi z.
Copyrights © 2025