Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI/UX) Sistem Informasi Prakerin berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dengan empat tahapan yaitu context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluate design. Subjek penelitian difokuskan pada siswa kelas XI yang akan melaksanakan Prakerin dengan jumlah responden sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta pengujian prototipe menggunakan platform Maze dan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem memperoleh skor usability sebesar 84, yang menandakan bahwa tampilan antarmuka cukup mudah digunakan oleh siswa. Selain itu, hasil pengisian kuesioner UEQ menunjukkan skor yang masuk kategori excellent, mencerminkan pengalaman pengguna yang positif dari sisi kejelasan, kenyamanan, dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan di SMK Negeri 2 Kota Jambi untuk melaksanakan proses prakerin.
Copyrights © 2025