Journal Economic and Strategy (JES)
Vol 6 No 2 (2025): Edisi Juli 2025 - Desember 2025

Pengaruh Emosional Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Pada Produk Wardah

Anggrena, Dania Fia (Unknown)
Mahendri, Wisnu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh emotional marketing terhadap keputusan pembelian melalui brand awareness pada produk kosmetik Wardah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya persaingan di industri kecantikan dan pentingnya pendekatan emosional dalam membentuk hubungan konsumen yang kuat terhadap merek. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 150 responden yang merupakan mahasiswa Manajemen Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah yang menggunakan produk Wardah. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional marketing berpengaruh signifikan terhadap brand awareness dan keputusan pembelian. Selain itu, brand awareness juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan lainnya menunjukkan bahwa brand awareness memediasi pengaruh emotional marketing terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian, peningkatan strategi pemasaran emosional dan kesadaran merek dapat memperkuat keputusan konsumen dalam membeli produk Wardah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Journal Economic and Strategy (JES) merupakan wadah pubikasi ilmiah bagi dosen, mahasiswa, stakeholder serta pengamat ekonomi. Jurnal Journal Economic and Strategy (JES) diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu Nomor 1 pada bulan Januari – Juni dan Nomor 2 pada bulan Juli – Desember. ...