Informatik : Jurnal Ilmu Komputer
Vol 21 No 2 (2025): Agustus 2025

Perancangan Model Arsitektur Untuk Mendukung Persyaratan Big Data dan Cloud Computing Pada PTNB

Matondang, Nurhafifah (Unknown)
Theresiawati (Unknown)
Warsuta, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Perguruan tinggi negeri baru menghadapi tantangan besar dalam mengelola volume data yang terus berkembang, serta memanfaatkan teknologi cloud computing untuk meningkatkan efisiensi operasional dan akademik. Isu utama yang dihadapi termasuk keterbatasan infrastruktur TI, masalah pengelolaan data besar (big data), dan kebutuhan untuk mengintegrasikan solusi berbasis cloud yang dapat mendukung kolaborasi dan aksesibilitas data secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model kerangka arsitektur yang dapat mendukung pengelolaan big data dan cloud computing pada perguruan tinggi negeri baru, sehingga memudahkan pengelolaan data akademik, administratif, dan riset. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desain sistem dengan analisis kebutuhan dan studi pustaka sebagai dasar untuk merancang arsitektur yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan antara big data dan cloud computing memungkinkan perguruan tinggi untuk meningkatkan skalabilitas, efisiensi, dan keamanan data. Model arsitektur yang diusulkan terdiri dari lapisan infrastruktur cloud, platform big data, serta sistem aplikasi yang saling terintegrasi. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam merancang sistem yang lebih efisien dan dapat diandalkan bagi perguruan tinggi negeri baru dalam mengelola data secara lebih baik. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi implementasi solusi cloud computing di lembaga pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

informatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Informatik menerima artikel ilmiah dengan area penelitian pada area Internet Business & Application, Networking & Cyber Security, Statistics & Computation, Elearning & Multimedia, Robotics & ...