Bank Syariah Indonesia, sebagai lembaga keuangan berbasis syariah, memiliki potensi besar untuk menarik nasabah, terutama di negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kesesuaian prinsip syariah dalam menyediakan produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam, yang banyak diketertarikani oleh masyarakat Muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 73 responden yang terdiri dari guru dan staff karyawan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat religiusitas, efektivitas promosi, dan ketertarikan menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI). Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel religiusitas dan promosi terhadap ketertarikan menjadi nasabah BSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ketertarikan menjadi nasabah BSI. Implikasi dari temuan ini adalah BSI dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan aspek religiusitas dan meningkatkan efektivitas promosi untuk menarik lebih banyak nasabah.
Copyrights © 2024