JIES : Journal of Islamic Economics Studies
Vol. 5 No. 3 (2024): Oktober

Faktor Religiusitas Dan Promosi Dalam Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI)

Ikhsanudin, Wahid (Unknown)
Haryanti, Peni (Unknown)
Sopingi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Bank Syariah Indonesia, sebagai lembaga keuangan berbasis syariah, memiliki potensi besar untuk menarik nasabah, terutama di negara dengan mayoritas penduduk Muslim seperti Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kesesuaian prinsip syariah dalam menyediakan produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai agama Islam, yang banyak diketertarikani oleh masyarakat Muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 73 responden yang terdiri dari guru dan staff karyawan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Tujuannya adalah untuk mengukur tingkat religiusitas, efektivitas promosi, dan ketertarikan menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI). Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel religiusitas dan promosi terhadap ketertarikan menjadi nasabah BSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ketertarikan menjadi nasabah BSI. Implikasi dari temuan ini adalah BSI dapat meningkatkan strategi pemasaran dengan mempertimbangkan aspek religiusitas dan meningkatkan efektivitas promosi untuk menarik lebih banyak nasabah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jies is a semi annual journal published by the Islamic Economics Study Program, Faculty of Economics, Hasyim Asyari University, Tebuireng. Jies accepts original scientific papers that have never been published in Economics, Islamic Public Economics, Islamic Monetary Economics, Islamic Business ...