Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara Sikap Peduli Lingkungan Sekitar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di kelas X SMK Nusantara. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas X MPLB 2 SMK Nusantara tahun ajaran 2025/2026 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrumen variabel X berupa angket skala Likert untuk mengukur sikap peduli lingkungan, sedangkan variabel Y berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar materi ekosistem. Uji validitas variabel X menggunakan product moment dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach, sedangkan variabel Y diuji validitasnya dengan point biserial dan reliabilitas dengan KR-20. Uji normalitas dengan metode Liliefors menunjukkan data berdistribusi normal (Lhitung X = 0,13 < Ltabel = 0,161 dan Lhitung Y = 0,12 < Ltabel = 0,161). Hasil perhitungan regresi sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 3,2 + 0,04X, dengan nilai koefisien korelasi rxy = 0,64 dan koefisien determinasi r² = 0,41. Uji signifikansi menunjukkan Thitung = 1,44 < Ttabel = 1,61 pada α = 0,05, yang berarti hubungan positif antara sikap peduli lingkungan dan hasil belajar signifikan. Kontribusi sikap peduli lingkungan terhadap hasil belajar sebesar 41%. Dengan demikian, semakin tinggi sikap peduli lingkungan yang dimiliki siswa, semakin baik pula hasil belajar pada materi ekosistem
Copyrights © 2025