Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan campaign marketing pada special event days Shopee, serta untuk meneliti pengaruh campaign marketing tersebut terhadap keputusan pembelian Mahasiswa Kewirausahaan di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sampel terdiri dari 82 responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi Kewirausahaan UPI Tasikmalaya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi parsial dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa campaign marketing pada special event days Shopee berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa sebesar 49,6% menunjukkan bahwa variabel campaign marketing berkontribusi dalam menjelaskan variasi keputusan pembelian, sementara sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Adapun faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu melalui factor eksternal price discount dan gratis ongkos kirim dan faktor internal seperti peran fear of missing out dan impulsive buying.
Copyrights © 2025