Ecobankers : Journal of Economy and Banking
Vol. 2 No. 1 (2021): Ecobankers : Journal of Economy and Banking

Analisis E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan El-Ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Edirianto, Sunardi (Unknown)
Madinah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

This study is intended to determine whether E-Commerce supports the increase in income. Data on product sales, what are the things that support and spend E-Commerce in increasing revenue in El-ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. In this research, the research method used is a qualitative method with descriptive studies. Qualitative research is a type of research that produces findings that cannot be achieved using statistical procedures or other methods of quantification. This method seeks to present data and facts about E-commerce in increasing the income of El-Ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, by means of observation, in-depth interviews, documentation and triangulation. Subjects studied were Owner El-ma'wa Craft. Based on the results of the study, it was found that each online trade has different types of E-commerce including how to order its products all depending on the merchant (seller). El-Ma'wa Craft has experienced a 70% increase in buyers and El-Ma'wa Craft has also increased revenue since using E-commerce. El-ma'wa Craft incorporates the principles of Islamic business ethics in online trading. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-Commerce berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan. Data tentang penjualan produk, hal-hal apa saja yang menjadi pendukung dan kendala pemasaran E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan di El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Metode ini berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta tentang E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Subjek yang diteliti yaitu Owner El-ma’wa Craft. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Setiap perdagangan online memiliki jenis E-commerce yang berbeda-beda termasuk dalam cara pemesanan produknya semua bergantung pada Merchant (si penjual). El-Ma’wa Craft mengalami peningkatan pembeli 70% dan El-ma’wa Craft juga mengalami peningkatan pendapatan sejak menggunakan E-Commerce. El-ma’wa Craft memasukkan prinsip etika bisnis islam dalam perdagangan online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EcoBankers

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Communicative adalah jurnal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal Communicative merupakan jurnal publikasi ilmiah yang berupaya memfasilitasi dan menyediakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan ...