Ecobankers : Journal of Economy and Banking
Vol. 3 No. 2 (2022): Ecobankers : Journal of Economy and Banking

Aksesbilitas Informasi Dalam Menumbuhkan Minat Menabung Masyarakat Cirebon Di Bank Syariah Indonesia

Budiana, Budiana (Unknown)
Pratama, Gama (Unknown)
Nurkhafifah, Ade (Unknown)
Komara, Fadly Cahya (Unknown)
Khamdani, Khamdani (Unknown)
Sari, Putri Muliana (Unknown)
Islamia, Ratu (Unknown)
Wati, Suci Sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuke mengetahui tentang aksesbilitas Bank Syariah Indonesia untuk menarik minat menabung masyarakat Cirebon. Bank Syariah Indonesia diharapkan menajdi jawaban kerinduan masyarakat tentang bank yang beasaskan antiriba. Bank Syariah Indonesia dalam ruang lingkup yang besar dapat menjadi pesaing ekonomi global yang selalu berbicara keuntungan yang besar tanpa melihat nilai kebersamaan dan kemanusiaan. Nilai berkembang bersama-sama itu merupakan landasan dari ekonomi syariah.nilai tersebut tentu bertentangan dengan nilai ekonomi global yang sedang berjalan beberapa dekade ini. Kemunculan Bank Syariah Indonesia memberikan jawaban yang lain dari perbankkan saat ini yang tengah melanda dunia. Masalah yang peneliti munculkan adalah faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat Cirebon untuk menabung di Bank Syariah Indonesia? Dalam penelitian ini menekankan tentang upaya Bank Syariah Indonesia dalam memberikan kemudahan aksesbiltas kepada masyarakat Cirebon serta memunculkan respon dari masyarakat Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil pendekatan penelitian yang dilakukan didapati beberapa data bahwa pandangan responden tentang riba menjadi faktor yang dominan untuk mereka manabung di bank syariah. Hal ini di pengaruhi oleh mayoritas masyarakat Cirebon yang menganut agama Islam. Pandangan untuk menghindari riba dalam transaksi perbankkan seiring dengan pengiklanan yang masif di sosial media maupun cetak. Media soasial dan cetak memiliki peranan yang sangat penting untuk membawa masyarakat untuk menabung di bank syariah. Peran ini sampai membuat responden mengerti akan perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional. Selain mampu pengiklanan yang masif yang dilakukan keberadaan lokasi bank terdekatpun menjadi faktor penting masyarakat untuk menabung di bank. Banyak diantaranya yang menganggap bonus/hadiah dan pengaruh lingkungan bukan hal yang penting untuk masyarakat menabung di bank.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EcoBankers

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Communicative adalah jurnal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal Communicative merupakan jurnal publikasi ilmiah yang berupaya memfasilitasi dan menyediakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan ...