Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi  santri difabel  dalam mewujudkan aspirasinya menjadi content creator difabel yang sepenuhnya didukung oleh pendidik, pengurus dan lingkungan sekitar pada pesantren Bimci. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivis dengan hasil penelitian yang selaras dengan teori Fundamental Interpersonal Relations Orientations dan Motivasi Berprestasi (Need For achievement , Need for affiliation, Need for power). Inklusi tercermin dari upaya pendidik dan  pengurus  pesantren menciptakan lingkungan yang inklusif. Kontrol tercermin dalam tanggung jawab dan peran para santri. Afeksi tercermin pada pendekatan emosional, hubungan yang harmonis antara pendidik dan para santri difabel. Need For achievement, berbentuk Apresiasi, dukungan mental dan pengakuan. Need for affiliation berbentuk persahabatan, kekeluargaan, kehangatan lingkungan sekitar. Need for power berbentuk kepercayaan diri dalam memengaruhi khalayak media dan lingkungan sekitar agar tertarik dan mengakui keberadaan serta karya mereka dengan positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025