Economics, Business and Management Science Journal
Vol 5, No 2 (2025): Economics, Business and Management Science Journal, August

Pengaruh Harga, Cita Rasa, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen Ariya Bakery

Rambe, Siti Hotmayani (Unknown)
Elvina, Elvina (Unknown)
Hasibuan, Irwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, cita rasa, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen di Toko Ariya Bakery Kota Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 22. Sampel penelitian berjumlah 96 responden yang merupakan pelanggan Toko Ariya Bakery, ditentukan menggunakan rumus Lemeshow karena populasi tidak diketahui secara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (t-hitung = 2,007 t-tabel = 1,661; sig. 0,048 0,05). Cita rasa juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (t-hitung = 3,322 t-tabel = 1,661; sig. 0,001 0,05). Lokasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (t-hitung = 3,083 t-tabel = 1,661; sig. 0,003 0,05). Namun, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen (t-hitung = 0,845 t-tabel = 1,661; sig. 0,400 0,05). Secara simultan, keempat variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai F-hitung sebesar 68,677 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 74%, yang berarti 74% variasi minat beli dapat dijelaskan oleh keempat variabel tersebut, sementara 26% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ebmsj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics, Business and Management Science Journal is a journal to manage Mahesa Research Center, for aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching, students, practitioners and ...