Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui urgensi pemberian ganjaran pada siswa, Hambatan dan peluang pemberian ganjaran, dampak pemberian ganjarang dalam meningkatkan motivasi belajar PAI di MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini memakai sumber data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam tekhnik. Pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan an alisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bentuk pemberian ganjaran pada siswa MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa: siswa diberi hadiah dan hukuman sesuai dengan perilaku yang dilakukan, siswa yang berprestasi diberikan ganjaran berupa pemberian hadiah berbentuk barang. Pemberian skor 100 sebagai alat control bagi siswa yang melakukan pelanggaran apabila melakukan pelanggaran maka skornya akan dikurangi sesuai jenis pelanggarannya. hambatan dan peluang pemberian ganjaran oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MA Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa faktor-faktor pendukung adanya konsep pemberian hukuman dan pujian serta pemberian skor yang diatur secara apik dalam tata tertib sekolah dan mendapat persetujuan siswa bersama orang tuanya merupakan faktor pendukung yang nyata. Sedangkan hal-hal yang menghambat, di antaranya, kurangya kewibawaan guru, faktor perbedaan siswa, kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi.Kata Kunci: Pemberian Ganjaran; Motivasi Belajar Siswa.
Copyrights © 2019