Jurnal Pilar
Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL PILAR, DESEMBER 2019

PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Jaya, Indra Saputra (Unknown)
Malli, Rusli (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2019

Abstract

Pengembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kecerdasan emosional pada anak. Untuk mengetahui cara pengembangan kecerdasan emosional pada anak menurut perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Karena permasalahan yang akan diteliti tentang bagaimana pengembangan kecerdasan emosional anak menurut perspektif pendidikan Islam maka dari itu diperlukan banyaknya literatur yang relevan dan sesuai dengan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Adapun proses analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis yang terdiri dari empat kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dirangkum sebagai berikut: Pengembangan kecerdasan emosional aspek yang begitu penting bagi anak untuk itu beberapa langkah yang harus dimiliki dalam mengembangkan wilayah kecerdasan emosional, antara lain kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain serta membina hubungan yang baik dengan orang lain. Cara pengembangan kecerdasan emosional pada anak itu berdasarkan dari lingkungan keluarga dan sekolah, lingkungan sosial/masyarakat perlu memberikan teladan dalam bentuk memberikan suasana bermain yang merefleksikan wilayah kecerdasan emosional anak tersebut.Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, dan Pendidikan Islam

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pilar

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

scientific publication journal that aims to support the development of Islamic studies in various fields of science, in the fields of education, economics, law, history by exploiting knowledge and practice for the benefit of humanity. Through this journal, it is hoped that the scientific community ...