Jurnal Pilar
Vol. 3 No. 1 (2012): JURNAL PILAR PILAR, JUNI 2012

Penerapan Penilaian Autentik Assessment Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sma Negeri Se-Kota Makassar

Baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang dikembangkan dengan menerapkan metode penelitian kualitatif, yang diharapkan dapat memperoleh data yang akurat mengenai problematika penerapan penilaian autentik assessment dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri se-kota Makassar. Metode penelitian yang diterapkan dalam memilih sampel menggunakan metode secara purposif sampling. Teknik pengumpulan yang data digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi pencatatan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) problematika yang dihadapi oleh guru ekonomi dalam pembelajaran ekonomi sehubungan dengan penerapan penilaian autentik assessment penilaian portofolio di SMA se kota Makassar antara lain adalah dana yang terbatas, kemampuan guru yang belum merata dalam penerapan penilaian portofolio, wawasan guru yang belum merata dalam mengembangkan penilaian portofolio, tuntutan guru untuk bekerja di luar jam pelajaran semakin banyak sehingga sulit untuk merancang penilaian portofolio, dan terbatasnya waktu yang tersedia dalam menyusun penilaian portofolio; (2) Problematika yang dihadapi oleh siswa SMA Negeri se-kota Makassar dalam pembelajaran ekonomi sehubungan dengan penerapan penilaian autentik assessment penilaian portofolio antara lain adalah, kendala dalam pemberian tugas kelompok kendala dalam pemberian tugas secara individu dan kendala bagi siswa yang tidak aktif.Kata kunci: autentik assessment; pembelajaran ekonomi; penilaian portofolio

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

pilar

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

scientific publication journal that aims to support the development of Islamic studies in various fields of science, in the fields of education, economics, law, history by exploiting knowledge and practice for the benefit of humanity. Through this journal, it is hoped that the scientific community ...