Merokok merupakan suatu masalah di dalam masyarakat yang dapat menimbulkan banyak kerugian baik dari segisosial ekonomi maupun kesehatan bahkan kematian. Rokok di Indonesia telah menjadi masalah nasional karenamenyangkut berbagai bidang kesehatan. Banyak orang telah mengetahui secara umum bahwa penggunaantembakau berbahaya bagi kesehatan mereka, namun banyak aspek dari penggunaan tembakau yang belum cukupdijelaskan, sehingga tidak dimengerti dengan baik oleh kebanyakan pengguna tembakau dan Salah satu dari sekianbanyak bahaya merokok terhadap remaja adalah faktor fisik dan psikologisnya. Akibatnya, perokok cenderungmenyepelekan risiko kesehatan dari penggunaan tembakau terhadap diri mereka sendiri dan orang -orang disekitarnya yang terpapar asapnya maka dari itu diperlukan strategi pendidikan kesehatan yang tepat, salah satunyadengan pendidikan kesehatan melalui media buku saku barok Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh penyuluhan media buku saku barok terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan tentangbahaya merokok pada siswa kelas VIII di SMPN 23 Konawe Selatan tahun 2017. Metode yang di gunakan yaitu Pra Eksperimendenganmenggunakanrancanganone group pre test and post test design.. Sampel penelitian sebanyak77 orang siswa. Sampel ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Dengan menggunakan uji statistikMc.Nemar diperoleh hasil bahwa pendidikan kesehatan melalui media buku saku barok efektif untuk meningkatkanpengetahun ( Ïvalue0,000), sikap (Ïvalue0,000) dan Tindakan (Ïvalue0,000). Hal ini di buktikan dengan adanyaperbedaan pengetahuan, sikap dan Tindakan responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatantentang bahaya mereokok selama 21 hari dengan menggunakan media buku saku barok dapat meningkatkanpengetahuan, sikapa dan tindakan reponden tentang bahaya merokok pada siswa.Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, buku saku barok, pengetahuan, sikap, tindakan
Copyrights © 2017