Keragaman konsumsi yang semakin banyak yang menjadikan sektor perdagangan yang menjadisemakin meluas, termasuk sektor perdaganan produk pangan. Keragaman produk pangan yang terdistribusike masyarakat tersebut menyebabkan rentannya terjadi pelanggaran karena kurangnya pengawasankualitas produk tersebut. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membacalabel informasi nilai gizi dan persepsi terhadap produk dengan kepatuhan membaca label informasi nilai gizipada konsumen ibu rumah tangga di UD. Puteri Kembar Kendari tahun 2016. Metode penelitian ini adalahobservasional analitik dengan pendekatan cross sectional.. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji statistikdidapatkan nilai Pvalue = 0,02, berarti pada alpha 5% terlihat ada hubungan antara pengetahuan gizidengan Kepatuhan Membaca Label Informasi Gizi pada Ibu Rumah Tangga di Pasar Basah Mandonga KotaKendari tahun 2016. Hasil uji statistik didapatkan nilai Pvalue = 0,049, berarti pada alpha 5% terlihat adahubungan antara sikap terhadap kesehatan dan label produk dengan kepatuhan membaca label informasipada Ibu Rumah Tangga di Pasar Basah Mandonga Kota Kendari tahun 2016. Hasil uji statistik didapatkannilai Pvalue = 0,002, berarti pada alpha 5% terlihat ada hubungan antara kemampuan membaca labelinformasi dengan kepatuhan membaca label informasi pada Ibu Rumah Tangga di Pasar Basah MandongaKota Kendari tahun 2016. Hasil uji statistik didapatkan nilai Pvalue = 0,001, berarti pada alpha 5% terlihatada hubungan antara presepsi terhadap karakteristik produk dengan Pengetahuan Gizi pada Ibu RumahTangga di Pasar Basah Mandonga Kota Kendari tahun 2016.Kata Kunci : Pengetahuan Gizi, Kepatuhan Membaca Label, Sikap, Kemampuan Membaca Label
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016