JIMKesmas (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat)
Vol 1, No 3 (2016): JIMKESMAS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

EFEKTIFITAS METODE PERMAINAN EDUKATIF PAPEDA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN UNTUK PENCEGAHAN KEJADIAN DIARE PADA MURID KELAS V SDN 14 POASIA DI KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI TAHUN 2016

Ichwan, Muhammad (Unknown)
Yuniar, Nani (Unknown)
Erawan, Putu Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2017

Abstract

Berdasarkan data World Health Organization, diare menempati urutan kelima dalam 10 penyakitpenyebab kematian di dunia (World Health Organization, 2013). Kejadian Luar Biasa diare sering terjadi, denganCase Fatality Rate 2,98% pada tahun 2010 di 33 kecamatan dengan jumlah penderita 4204 kematian (Kemenkes,2011). Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara menunjukan bahwa pada tahun 2014 sebesar 17.530 per1.000.000 penduduk (Dinkes Prov. Sultra, 2014). Tahun 2010 hingga tahun 2014 Puskesmas Poasia masuk dalamtiga besar puskesmas dengan kasus diare tertinggi di Kota Kendari (Dinkes Kota Kendari, 2015). Anak sekolahdasar adalah kelompok umur yang rentan terkena kejadian diare. Namun, dapat menjadi sasaran yang baik dalammemberikan pendidikan kesehatan terkait pencegahan kejadian diare. Untuk i tu dibutuhkan stimulus yang dapatmenumbuhkan perilaku sehat dengan cara  menarik  dan  atraktif  tanpa mengurangi isi dari informasi yang akandisampaikan. Metode yang dapat digunakan dalam penyuluhan kesehatan salah satunya adalah permainanedukatif. Permainan edukatif Papeda (Pasukan Pencegah Diare) adalah permainan yang menginformasikantentang penyakit diare berupa pengertian, penyebab, tanda dan gejala serta pencegahannya. Permainan ini terdiridari papan permainan dan kartu pertanyaan dan jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahuiefektifitas metode permainan edukatif Papeda (Pasukan Pencegah Diare) terhadap peningkatan pengetahuan,sikap dan tindakan murid SD kelas V untuk pencegahan kejadian diare sebelum dan sesudah penyuluhankesehatan di SDN 14 Poasia di Kecamatan Poasia Kota Kendari tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimentaldengan rancangan One-Group Pre Test–Post Test Design dengan populasi seluruh murid kelas VSDN 14 Poasia yang berjumlah 24 orang yang ditentukan berdasarkan Total Sampling. Analisis yang digunakanyakni analisis bivariat dengan uji Mc Nemar. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengetahuan  dan sikapsebelum dan sesudah penyuluhan melalui permainan edukatif Papeda ( ρ value= 0.031 untuk pengetahuan dan ρvalue= 0.031 untuk sikap) namun tidak ada peningkatan tindakan sebelum dan sesudah permainan edukatifPapeda (ρ value= 0.125 untuk tindakan).Kata Kunci : Permainan Edukatif, Penyakit Diare, Pengetahuan, Sikap, Tindakan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JIMKESMAS

Publisher

Subject

Public Health

Description

FKM UHO dari berbagai disiplin ilmu kesmas, diantaranya epidemiologi, administrasi kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, biostatistika, dan ...