Cuci tangan belum menjadi budaya masyarakat di Indonesia. Kebiasaan mencuci tanganharus dibiasakan sejak dini karena salah satu sumber penularan penyakit adalah tangan yang tidakbersih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakantentang cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah intervensi penayangan video pada siswa SDN10 Kabawo tahun 2016. Metode penelitian yang digunakan adal ah Pra Eksperimental denganrancangan one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN10 Kabawo kelas III-V yaitu sebanyak 59 siswa. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 51 responden diSDN 10 Kabawo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada respondensebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan. Analisis data menggunakan uji McNemar.Adapun hasil yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan tentangcuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah intervensi penayangan video pada siswa SDN 10Kabawo. Simpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakansetelah dilakukan intervensi penayangan video tentang cuci tangan pakai sabun dengan nilai pMcNemar = 0,002 untuk pengetahuan, nilai p McNemar = 0,001 untuk sikap dan nilai p McNemar =0,000 untuk tindakan.Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Intervensi Penayangan Video, Siswa SD,Pengetahuan, Sikap, Tindakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017