Anak usia dini berada pada masa perkembangan moral yang sangat penting, di mana perilaku guru menjadi model konkret bagi pembentukan nilai-nilai karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran keteladanan guru dalam pembentukan karakter kejujuran dan kedisiplinan pada siswa PAUD. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi pustaka menggunakan model naratif sebagai kerangka kajian. Hasil penelitian menemukan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lebih dari sekedar akademik, kejujuran dan dan Kedisiplinan sebagai Pijakan pembentukan karakter peserta didik, guru sebagai Model Norma dan Perilaku dan adanya aspek sosial dan identitas Kolektif. Terkait dengan keteladanan guru dari kajian literature dalam menanamkan nilai kejujuran dan kedisiplinan berperan sebagai pilar utama dalam pendidikan karakter anak usia dini. Keteladanan bukan sekadar metode, tetapi menjadi pendekatan pedagogis yang bersifat holistic menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara bersamaan. Maka, peran guru sebagai teladan bukan pelengkap, melainkan jantung pendidikan karakter.
Copyrights © 2025