Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
Vol. 13 No. 1 (2025): April

Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Pasing Bawah Bola Voli pada Peserta Didik Kelas VIII

Widiadnyana, I Komang Adi (Unknown)
Parwata, I Gusti Lanang Agung (Unknown)
Adnyana, I Komang Sukrata (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai teknik dasar tersebut secara optimal. Model pembelajaran konvensional yang lebih berpusat pada guru cenderung membuat siswa pasif dan kurang termotivasi. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam memahami dan mempraktikkan teknik dasar passing bawah bola voli.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli. PBL ini menekankan masalah pada kehidupan nyata, pada penelitian ini ditemukan rendahnya hasil belajar pasing bawah bola voli. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis dan tes keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakkan pretest dan postest  design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A dan B SMP Negeri yang berjumlah 61 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yaitu uji deskriptif, uji deskriptif N-Gain ternormalisasi, uji normalitas, uji homogenitas dan T-test. Hasil uttama penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar pasing bawah bola voli pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bawah bola voli pada peserta didik kelas VIII.

Copyrights © 2025