Studi ini ditujukan untuk menelaah dampak dari kepercayaan terhadap merek, persepsi nilai, dan kepuasan konsumen terhadap komitmen merek, serta meninjau peran komitmen merek sebagai variabel perantara pada konsumen produk Wardah (kasus pada mahasiswa Universitas Negeri Padang). Penelitian ini bersifat kausal, dengan populasi berupa mahasiswa Universitas Negeri Padang yang telah membeli produk Wardah sedikitnya dua kali. Responden penelitian ditentukan sebanyak 100 orang menggunakan rumus Cochran dan metode purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner sebagai sumber utama. Analisis dilakukan dengan pendekatan SEM memakai software SmartPLS 4.0. Temuan mengindikasikan bahwa 1) kepercayaan merek berpengaruh signifikan pada loyalitas merek, 2) nilai persepsi berdampak signifikan pada loyalitas merek, 3) kepuasan pelanggan berkontribusi signifikan terhadap loyalitas merek, 4) kepercayaan merek memengaruhi komitmen merek secara signifikan, 5) nilai persepsi tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen merek, 6) kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, 7) komitmen merek memberikan dampak positif pada loyalitas merek, 8) komitmen merek menjadi mediator antara kepercayaan merek dan loyalitas merek, 9) komitmen merek juga memediasi hubungan nilai persepsi dengan loyalitas merek, serta 10) komitmen merek memediasi kaitan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.
Copyrights © 2025