Skripsi ini membahas tentang kreativitas siswa dalam pemanfaatan limbah plastik pada mata pelajaran Seni Rupa di SDN 02 Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Pesisir Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kesadaran siswa terhadap lingkungan dan kurangnya kreativitas dalam melihat potensi limbah plastik sebagai bahan berkarya seni. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam menciptakan karya seni fungsional dari limbah plastik. Penerapan sintak pembelajaran Kurikulum Merdeka Fase C, yaitu Mengalami (Experiencing), Menciptakan (Making Creating), Merefleksikan (Reflecting), Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically), serta Berdampak (Impacting), terbukti meningkatkan kreativitas siswa sekaligus kesadaran lingkungan. Hasil belajar siswa berada pada kategori “baik” hingga “sangat baik”.
Copyrights © 2025