Intelektual
Vol. 1 No. 3 (2025): Edisi Juli 2025

Peran Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Sikap Toleransi Antar Budaya Pada Siswa Di Sekolah Dasar

Rezki Ayu Saputri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam membentuk sikap toleransi antarbudaya pada siswa sekolah dasar. Dalam masyarakat Indonesia yang multikultural, penting untuk menanamkan nilai toleransi sejak dini melalui pendidikan formal, khususnya melalui mata pelajaran IPS. Pembelajaran IPS yang mencakup materi tentang keragaman budaya, sejarah nasional, dan nilai-nilai kebangsaan berpotensi besar dalam membentuk karakter siswa yang inklusif, terbuka, dan menghargai perbedaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka, observasi kelas, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran yang kontekstual, partisipatif, serta berbasis nilai dapat meningkatkan pemahaman dan empati siswa terhadap keberagaman budaya di sekitarnya. Guru juga memainkan peran penting sebagai fasilitator dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung pengembangan sikap toleran. Dengan demikian, pembelajaran IPS di sekolah dasar tidak hanya berfungsi sebagai sarana transfer ilmu, tetapi juga sebagai media efektif dalam menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan karakter toleransi di tengah kehidupan masyarakat yang beragam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Nursing Social Sciences Other

Description

FOKUS AND SCOPE Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa dan Akademisi merupakan jurnal ilmiah yang memfasilitasi publikasi karya akademik mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini fokus pada pengembangan pengetahuan lintas bidang melalui publikasi artikel ilmiah yang ...