Intelektual
Vol. 1 No. 2 (2025): Edisi Mei 2025

Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Rizky Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pendidikan karakter merupakan fondasi utama dalam membentuk perkembangan kepribadian siswa secara menyeluruh sejak usia dini di sekolah dasar. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memberikan kesempatan yang sangat strategis dan praktis untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral dan sosial secara kontekstual dalam proses pembelajaran, sehingga materi yang disampaikan menjadi lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Guru memegang peranan penting dan strategis sebagai fasilitator sekaligus teladan yang perilakunya dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik secara signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur yang komprehensif untuk mengkaji peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS. Hasil kajian menunjukkan bahwa keberhasilan pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh kreativitas dan dedikasi guru, adanya lingkungan sekolah yang mendukung dan kondusif, serta kolaborasi yang erat antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat sekitar. Meskipun terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan sarana dan perbedaan latar belakang peserta didik, peluang untuk memperkuat pendidikan karakter tetap terbuka lebar. Hal ini dapat diwujudkan melalui inovasi metode pembelajaran yang efektif serta kebijakan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter sebagai tujuan utama. Pada akhirnya, pendidikan karakter melalui IPS bukan hanya menjadi tanggung jawab, melainkan investasi penting bagi masa depan generasi penerus bangsa  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Nursing Social Sciences Other

Description

FOKUS AND SCOPE Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa dan Akademisi merupakan jurnal ilmiah yang memfasilitasi publikasi karya akademik mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini fokus pada pengembangan pengetahuan lintas bidang melalui publikasi artikel ilmiah yang ...