Rasa ingin tahu merupakan salah satu aspek penting dalam mendorong tercapainya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Namun, kenyataannya pembelajaran IPA masih sering bersifat teoritis dan kurang membangkitkan minat eksploratif siswa. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) hadir sebagai solusi inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual, kreatif, dan integratif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan STEAM dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Dengan STEAM mampu memfasilitasi kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan pemecahan masalah nyata yang merangsang keterlibatan aktif siswa. Melalui integrasi antar-disiplin, siswa diajak untuk berpikir kritis, bereksperimen, dan menciptakan produk, yang pada akhirnya memperkuat motivasi belajar dan rasa ingin tahu mereka. Oleh karena itu, pendekatan STEAM patut dipertimbangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Copyrights © 2025