Intelektual
Vol. 1 No. 1 (2025): Edisi Maret 2025

Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Pendekatan STEAM Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Siti Rahmadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Rasa ingin tahu merupakan salah satu aspek penting dalam mendorong tercapainya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Namun, kenyataannya pembelajaran IPA masih sering bersifat teoritis dan kurang membangkitkan minat eksploratif siswa. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) hadir sebagai solusi inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual, kreatif, dan integratif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pendekatan STEAM dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Dengan STEAM mampu memfasilitasi kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan pemecahan masalah nyata yang merangsang keterlibatan aktif siswa. Melalui integrasi antar-disiplin, siswa diajak untuk berpikir kritis, bereksperimen, dan menciptakan produk, yang pada akhirnya memperkuat motivasi belajar dan rasa ingin tahu mereka. Oleh karena itu, pendekatan STEAM patut dipertimbangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Nursing Social Sciences Other

Description

FOKUS AND SCOPE Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa dan Akademisi merupakan jurnal ilmiah yang memfasilitasi publikasi karya akademik mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini fokus pada pengembangan pengetahuan lintas bidang melalui publikasi artikel ilmiah yang ...