Penelitian ini mengkaji dampak pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. Perubahan pembelajaran dari tatap muka ke online membawa tantangan seperti minimnya interaksi langsung, keterbatasan kegiatan praktikum, serta ketergantungan pada teknologi digital dan jaringan internet yang belum merata. Melalui studi literatur dan analisis data, penelitian menemukan bahwa pembelajaran daring memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas dan keterlibatan siswa melalui penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dan strategi kolaboratif. Namun, efektivitas pembelajaran daring sangat bergantung pada peran aktif guru dalam mengintegrasikan teknologi serta dukungan orang tua di rumah. Selain itu, motivasi belajar siswa menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan agar pemahaman konsep IPA dapat optimal. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan model pembelajaran IPA yang adaptif terhadap teknologi digital untuk mendukung keberhasilan pendidikan di era modern. Dengan mengoptimalkan teknologi pendidikan, pembelajaran daring dapat menjadi solusi efektif dalam menghadapi berbagai keterbatasan selama pandemi..
Copyrights © 2025