Inovasi pembelajaran IPA melalui pendekatan game-based learning menjadi strategi efektif dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21, khususnya di jenjang sekolah dasar. Pembelajaran tradisional yang cenderung pasif tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan siswa yang hidup di era digital. Melalui integrasi permainan edukatif, siswa diajak untuk terlibat secara aktif, berpikir kritis, serta membangun pemahaman ilmiah yang kontekstual. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, tetapi juga memperkuat kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai fasilitator pembelajaran memiliki peran strategis dalam memilih dan mengelola permainan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan game berbasis sains mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan interaksi sosial, dan membangun karakter siswa yang kolaboratif dan kreatif. Selain itu, strategi ini juga mendorong penerapan prinsip pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran aktif. Oleh karena itu, penerapan game-based learning dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar perlu didorong secara berkelanjutan sebagai bagian dari inovasi pendidikan yang relevan, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa secara holistik
Copyrights © 2025