Intelektual
Vol. 1 No. 1 (2025): Edisi Maret 2025

Integrasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

Alya Alya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Artikel ini membahas integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar sebagai strategi penting dalam pendidikan karakter bangsa. Nilai-nilai seperti kejujuran, kerja sama, tanggung jawab, dan toleransi menjadi fondasi penting bagi pembentukan kepribadian siswa sejak dini. Pembelajaran IPS yang sarat dengan konteks kehidupan sosial masyarakat dapat menjadi media efektif untuk menanamkan nilai-nilai tersebut jika dirancang dengan pendekatan kontekstual dan partisipatif. Studi ini menggunakan pendekatan studi literatur yang mengkaji hasil-hasil penelitian terkini dalam rentang tahun 2020–2025. Penemuan utama menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, serta integrasi media digital mendukung penguatan karakter siswa dalam konteks pembelajaran IPS. Dengan mengaitkan materi IPS dengan kehidupan nyata, siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai luhur dalam tindakan nyata. Diperlukan komitmen dan kreativitas guru serta dukungan kebijakan sekolah untuk menciptakan iklim pembelajaran IPS yang bermakna dan berkarakter. Artikel ini menawarkan kontribusi teoretis dan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran IPS yang berfokus pada pembangunan karakter siswa sekolah dasar secara holistikI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Nursing Social Sciences Other

Description

FOKUS AND SCOPE Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa dan Akademisi merupakan jurnal ilmiah yang memfasilitasi publikasi karya akademik mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal ini fokus pada pengembangan pengetahuan lintas bidang melalui publikasi artikel ilmiah yang ...