Artikel ini membahas integrasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar sebagai strategi penting dalam pendidikan karakter bangsa. Nilai-nilai seperti kejujuran, kerja sama, tanggung jawab, dan toleransi menjadi fondasi penting bagi pembentukan kepribadian siswa sejak dini. Pembelajaran IPS yang sarat dengan konteks kehidupan sosial masyarakat dapat menjadi media efektif untuk menanamkan nilai-nilai tersebut jika dirancang dengan pendekatan kontekstual dan partisipatif. Studi ini menggunakan pendekatan studi literatur yang mengkaji hasil-hasil penelitian terkini dalam rentang tahun 2020–2025. Penemuan utama menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif, berbasis proyek, serta integrasi media digital mendukung penguatan karakter siswa dalam konteks pembelajaran IPS. Dengan mengaitkan materi IPS dengan kehidupan nyata, siswa tidak hanya memahami konsep, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai luhur dalam tindakan nyata. Diperlukan komitmen dan kreativitas guru serta dukungan kebijakan sekolah untuk menciptakan iklim pembelajaran IPS yang bermakna dan berkarakter. Artikel ini menawarkan kontribusi teoretis dan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran IPS yang berfokus pada pembangunan karakter siswa sekolah dasar secara holistikI
Copyrights © 2025