Pemanfaatan game edukasi berbasis IPA di tingkat sekolah dasar telah menjadi pendekatan strategis dalam merangsang minat serta memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains dasar. Artikel ini menyajikan kajian literatur yang memperlihatkan bagaimana integrasi unsur permainan dalam pembelajaran IPA mampu menciptakan suasana belajar yang partisipatif, adaptif, dan mendorong siswa untuk berpikir kritis serta kreatif. Game edukasi tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga berperan dalam membentuk karakter positif dan kecakapan abad ke-21. Dalam perspektif guru profesional, pendekatan ini merupakan langkah solutif dalam mentransformasi pembelajaran konvensional menuju pengalaman belajar yang lebih relevan, menyenangkan, dan bermakna bagi anak-anak. Dengan strategi yang tepat, game edukatif berbasis IPA dapat menjadi jembatan yang efektif dalam menjadikan sains sebagai ilmu yang mudah dipahami dan disukai
Copyrights © 2025