Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar sering kali dianggap monoton dan kurang menarik bagi siswa. Padahal, materi IPS sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan seharusnya bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan. Dalam era digital saat ini, teknologi multimedia membuka peluang baru untuk mengubah cara pembelajaran menjadi lebih hidup dan bermakna. Melalui video, animasi, dan simulasi interaktif, siswa tidak hanya belajar dari buku, tetapi juga mengalami sendiri proses belajar yang lebih visual dan interaktif.Artikel ini mengajak pembaca untuk melihat bagaimana teknologi multimedia dapat menjadi solusi kreatif dalam mengatasi kebosanan siswa terhadap materi IPS. Dengan pendekatan yang lebih menarik, siswa didorong untuk aktif berpikir, terlibat, dan memahami materi secara lebih dalam. Tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep, teknologi ini juga membantu membangkitkan semangat dan rasa ingin tahu siswa selama proses belajar.Penggunaan multimedia tentu tidak bisa dipisahkan dari tantangan, seperti keterbatasan fasilitas atau kesiapan guru dalam mengelola teknologi. Namun, dengan perencanaan yang matang dan pelatihan yang tepat, multimedia dapat menjadi jembatan antara dunia digital dan kebutuhan pembelajaran siswa sekolah dasar. Artikel ini memberikan gambaran tentang potensi besar multimedia dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan relevan dengan zaman.
Copyrights © 2025