Seiring dengan perkembangan zaman, media social tidak lagi hanya digunakan untuk bersosialisasi saja, kini media social banyak dimanfaatkan untuk marketing atau pemasaran secara online. Membuat para pelaku usaha berbondong – bonding untuk membuat akun media social mereka guna memasarkan produk yang mereka miliki. Digitalisasi Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu masalah UMKM di Indonesia termasuk pada UMKM Desa Sindangmandi Kecamatan Baros Kabupaten Serang Banten. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh Institut Teknologi dan Bisnis Banten dan berkerjasama dengan Bank Woori Saudara (BWS) guna memperkenalkan digitalisasi UMKM penggunaan aplikasi penjualan online dan strategi promosi di social media untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan secara online. Kegiatan ini dilakukan dengan pelatihan mulai dari memilih platform yang sesuai dan cara pengaplikasiannya. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan masyarakat tentang pemasaran secara online atau digital marketing. Selain itu, setiap pelaku UMKM yang mengikuti sosialisasi dapat membuat akun media sosialnya untuk menjual produk mereka, serta dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen atau pasar, menentukan target konsumen atau pasar, mengenali pesaing, menyiapkan sarana untuk bersaing, dan memanfaatkan media elektronik untuk pemasaran.
Copyrights © 2025