eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 4 (2025): Agustus 2025

Board Game Pemilahan Sampah Untuk Usia 7 Sampai Dengan 12 Tahun Di Sekolah Kreatif Si Doel

Linati Sabila, Vidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2025

Abstract

Lingkungan yang sehat bebas dari sampah organic dan anorganik yangdibuang sembarangan. Penimbunan sampah di Indonesia mencapai 21,1 juta tondengan 34,29% tidak dapat dikelola dengan baik. Pemilahan sampah menjadi salahsatu cara agar mengurangi adanya penumpukan sampah. Sampah organik dapatdijadikan sebagai pupuk dan anorganik dapat di daur ulang menjadi suatu barangyang bernilai. Melibatkan anak sejak dini dalam pembelajaran pemilahan sangatlahbagus, dengan harapan dapat menjadi salah satu perubahan di masa depan.Penerapan daur ulang sampah anorganik telah dilakukan oleh Sekolah Kreatif Si Doel.Namun, pembelajaran tentang pemilahan sampah belum terlaksana secara optimalkarena keterbatasan media pembelajaran yang menarik untuk anak usia 7 sampaidengan 12 tahun. Metode perancangan yang digunakan adalah metode kualitatifmenggunakan analisis 5W+1H sebagai acuan dalam perancangan. Metodeperancangan menggunakan metode dasar game berupa mechanics, story, aesthetics,dan technology. Karya perancangan ini berupa board game pemilahan sampahmencakup pengertian dan juga jenis sampah. Hasil perancangan ini dibuat sebagaimedia alternatif pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Kreatif Si Doelataupun sekolah dasar lainnya.Kata kunci: Board game, pemilahan sampahm edukasi lingkungan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...