JURNAL ILMIAH FEASIBLE (JIF)
Vol 7 No 1 (2025): Jurnal Ilmiaf Feasible (JIF): Bisnis, Kewirausahaan, dan Koperasi

Implementasi Teori Bauran Pemasaran dalam Usaha Jasa Keagenan Kapal di Banyuwangi pada Era Digital Marketing

Ahmad, Fandi (Unknown)
Saiful Rohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Layanan Jasa Keagenan kapal sesuai dengan Permenhub No. 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan Angkutan di Perairan adalah kegiatan usaha jasa untuk mengurus kepentingan Kapal perusahaan angkutan laut asing dan/atau Kapal perusahaan angkutan laut nasional selama berada di Indonesia. Selayaknya kegiatan usaha lainnya pasti membutuhkan sistem pemasaran. Melihat kondisi pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi beserta dengan komoditi yang masuk dan keluar dari pelabuhan ini harus ada strategi pemasaran oleh perusahaan keagenan yang berkegiatan di lingkungan pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi. Jumlah perusahaan keagenan belum sebading dengan jumlah kapal yang masuk dan keluar pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi. Dalam kondisi ini penerapan strategi pemasaran dengan pola 4P. Menurut Peran Simanihuruk, dkk dalam Memahami Perilaku Konsumen (2023), marketing mix 7P adalah strategi yang dirancang untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk/jasa yang ditawarkan. product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence komponen pemasaran ini perlu dikemas dengan baik dengan mode digital yang berkembang saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% perusahaan keagenan belum menerapkan teori bauran pemasaran 7P, terlebih dengan mode digital marketing. Beberapa perusahaan memiliki sistem pemasaran digital namun masih tergantung dengan kantor pusat masing-masing. Diharapkan ada sinergi yang baik antara badan usaha pelabuhan selaku penyedia fasilitas dengan pengguna jasa dalam hal ini perusahaan keagenan kapal untuk melakukan digital marketing secara lebih massiv untuk meningkatkan jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Tanjungwangi-Banyuwangi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JIF menerima artikel yang akan direview oleh editor internal atau eksternal. Selanjutnya, artikel akan ditinjau oleh reviewer kami dengan keahlian di bidang Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi. ...