Berpikir kritis merupakan keterampilan esensial pada abad 21, tapi menurut analisis profil keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi biologi masih rendah. Materi pertumbuhan dan perkembangan menuntut pemahaman konsep melalui praktik ilmiah serta analisis hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di jurusan Biologi UNESA dan diujicobakan secara terbatas pada 27 peserta didik kelas XI. Validitas E-LKPD diperoleh dari penilaian ahli, kepraktisan E-LKPD diamati melalui observasi keterlaksanaan aktivitas E-LKPD dan hasil respon peserta didik, sedangkan keefektifan E-LKPD ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validitas E-LKPD memperoleh persentase 98,19% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan dikatakan sangat praktis dengan nilai keterlaksanaan aktivitas E-LKPD 99,2% dan skor respon peserta didik 85,7%. Hasil uji keefektifan E-LKPD ditunjukkan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,74 yang artinya terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang tinggi oleh peserta didik setelah perlakuan. Dengan demikian, E-LKPD interaktif berbasis inkuiri dinyatakan layak: valid, praktis, dan efektif meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berpikir kritis pada topik pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025