Metakognisi merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dilatihkan agar peserta didik dapat berpikir reflektif, terutama dalam memahami materi ekosistem yang menuntut kemampuan analitis dan pemecahan masalah. Strategi Know-Want-Learned (KWL) membantu peserta didik dalam merencanakan (planning), memantau (monitoring), serta mengevaluasi (evaluating) proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD berorientasi strategi KWL pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan metakognisi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan model 4-P (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran). Validitas diperoleh melalui lembar validasi, kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan dan angket respon siswa, serta efektivitas dilihat dari ketuntasan indikator soal pretest-posttest dan keterampilan metakognisi. Uji coba dilakukan pada kelas X-8 SMAN 14 Surabaya. Hasil menunjukkan E-LKPD dinyatakan sangat valid sebesar 100%, sangat praktis dengan keterlaksanaan sebesar 99,58% dan respon peserta didik sebesar 99,16%, serta sangat efektif berdasarkan N-Gain ketuntasan hasil belajar sebesar 0,77 pada kategori tinggi, ketuntasan indikator sebesar 76,58% dan rerata keterampilan metakognisi sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025