Kemajuan teknologi di era society 5.0 mendorong pembelajaran yang inovatif guna menumbuhkan sikap mandiri dan kemampuan reflektif peserta didik. Keterampilan metakogntif yang melibatkan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pemahaman dinilai penting dalam meraih tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis strategi Know-Want-Learned (KWL) dalam melatihkan keterampilan metakognitif peserta didik pada submateri Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA. Strategi KWL diintegrasikan dalam E-LKPD untuk mendorong keterlibatan aktif peserta didik dengan menggali pengetahuan awal (Know), menetapkan keingintahuannya (Want), dan merefleksikan hasil belajarnya (Learned). Bahan ajar ini diuji coba secara terbatas di kelas X-1 SMA Labschool Unesa 1 dengan menerapkan metode Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Parameter yang diukur adalah validitas dan keterbacaan E-LKPD. Validitas E-LKPD ditinjau berdasarkan penilaian validator terhadap syarat didaktik (isi), konstruksi (kebahasaan), teknis (penyajian). Keterbacaan E-LKPD ditinjau berdasarkan angket respon yang diisi oleh peserta didik. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas E-LKPD 1 dan E-LKPD 2 mencapai 100% dan 99,75%, yang tergolong dalam kategori sangat valid untuk digunakan. Hasil keterbacaan berdasarkan respons peserta didik mencapai 100%, yang tergolong dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD berbasis KWL yang dikembangkan layak untuk diaplikasikan sebagai bahan ajar digital yang mendukung keterampilan metakognitif peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025