Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol. 14 No. 3 (2025)

Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA

Destya, Rahayuning (Unknown)
Rachmadiarti, Fida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dan menjadi pilar utama pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya poin keempat mengenai pendidikan berkualitas. Pada abad ke-21, peserta didik diharuskan mempunyai keterampilan 4C yaitu critical thinking, creative thinking, communication, dan collaboration. Berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk menunjang pendidikan pada abad 21. Keterampilan tersebut dapat dilatihkan melalui pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan media pembelajaran E-LKPD berbasis PjBL untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak digunakan. Metode penelitian yang diterapkan yaitu model ADDIE karena langkah-langkah pengembangannya yang bersifat deskriptif dan sistematis. Kelayakan E-LKPD dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan validitas dan keterbacaan E-LKPD dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Labschool Unesa 1 dengan mengujicobakan E-LKPD secara terbatas pada 20 peserta didik kelas X. Hasil penelitian berdasarkan aspek validitas mendapat presentase 100% terkategori valid dan aspek keterbacaan berdasarkan angket respon peserta didik dengan presentase 100% terkategori sangat praktis. Dengan demikian, E-LKPD berbasis PjBL untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan dinyatakan layak untuk dapat digunakan pada pembelajaran. Education plays an important role and is the main pillar in achieving the Sustainable Development Goals (SDGs), especially the fourth point regarding quality education. In the 21st century, students are required to have 4C skills, namely critical thinking, creative thinking, communication, and collaboration. Critical thinking is a skill needed to support education in the 21st century. These skills can be trained through Project Based Learning (PjBL)-based learning using Electronic Student Worksheets (E-LKPD) as a learning medium. This study aims to develop E-LKPD learning media based on PjBL to train students' critical thinking skills that are suitable for use. The research method applied is the ADDIE model because the development steps are descriptive and systematic. The feasibility of E-LKPD in this study is reviewed based on the validity and readability of E-LKPD using quantitative descriptive analysis techniques. The research was conducted at SMA Labschool Unesa 1 by testing E-LKPD limitedly on 20 grade X students. The results of the study based on the validity aspect obtained a percentage of 100% categorized as valid and the readability aspect based on the student response questionnaire with a percentage of 100% categorized as very practical. Thus, E-LKPD based on PjBL to train critical thinking skills that are developed are declared feasible to be used in learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...