Abstract: Education is one of the most important aspects of human life. Referring to this, every person in Indonesia has the right to receive education services. SD Muhammadiyah Probolinggo City is an education provider at the basic level. During the elementary level, children continue to develop both in motor behavior and cognitive abilities. With the behavior that is owned and will continue to develop, a space is needed that can facilitate children during school, so that changes in spatial planning are needed. By using qualitative descriptive methods, it can be seen that changes or developments in behavior can affect the spatial arrangement and during the development of the behavior of children at SD Muhammdiyah Probolinggo City can provide a variety of spatial arrangements that can be done by educators to facilitate it. Keyword: Elementary School, Child Behavior, Room Layout Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu aspek penting pada kehidupan manusia. Merujuk pada hal tersebut, bahwa setiap orang yang berada di Indonesia berhak mendapat pelayanan pendidikan. SD Muhammadiyah Kota Probolinggo merupakan penyelenggara pendidikan pada tingkat dasar. Selama dalam tingkat dasar anak terus berkembang baik secara perilaku motorik ataupun kemampuan kognittif anak. Dengan perilaku yang dimiliki dan akan terus berkembang diperlukan ruang yang dapat memfasilitasi anak selama sekolah, sehingga perlu perubahan dalam penataan ruang. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dapat diketahui dengan perubahan atau perkembangan perilaku dapat berpengaruh dalam penataan ruang dan selama dalam perkembangannya perilaku dari anak di SD Muhammdiyah Kota Probolinggo dapat memberikan berbagai macam penataan ruang yang dapat dilakukan oleh tenaga kerja pendidik untuk memfasilitasinya. Kata Kunci: Sekolah Dasar, Perilaku Anak, Tata Ruang
Copyrights © 2025